Information Technology Infrastructure Library atau disingkat ITIL merupakan sebuah kerangka kerja yang dibuat untuk memberikan layanan IT yaitu menentukan pilihan, perencanaan, pengantaran, serta dukungan layanan IT dan pemeliharaan. Banyak perusahaan menerapkan kerangka kerja ini dalam menjalankan perusahaannya guna mencapai tujuannya dengan memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen dan meningkatkan efisiensi.
Kerangka Kerja pada ITIL mencakup 5 hal, yaitu:
- Service Strategy
- Service Design
- Service Transition
- Service Operation
- Continual Service Improvement
Service Strategy
Tahap ini merupakan inti dari layanan ITIL. Guna mencapai layanan yang baik, perusahaan harus memiliki layanan strategi yang konsisten. Menjelaskan
Service Design
Tahap ini merupakan tahap yang produktif karena memberikan panduan kepada perusahaan untuk dapat secara sistematis dalam mendesain layanannya maupun implementasi pada perusahaan. Menjelaskan bagaimana proses produksi seperti ketentuan layanan yang akan diberikan kepada konsumen, serta melakukan dokumentasi IT pada perusahaan
Service Transition
Tahap ini memberikan panduan kepada perusahaan agar dapat mengembangkan kemampuan untuk mengubah hasil desain layanan perusahaan yang diubah ke dalam lingkup lingkungan operasional
Service Operation
Tahap ini mencakup semua kegiatan operasional pada perusahaan pengelola layanan-layanan TI. Terdapat banyak panduan untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas dan menjamin tingkat kinerja terhadap konsumen.
Continual Service Improvement
Tahap ini mengkombinasikan dari banyak prinsip dan metode dari manajemen kualitas. Melakukan pembaruan seperti perbaikan bug atau error guna meningkatkan kenyamanan dan keamanan konsumen.