INFORMATION TECHNOLOGY INFRASTRUCTURE LIBRARY (ITIL)

Information Technology Infrastructure Library atau disingkat ITIL merupakan sebuah kerangka kerja yang dibuat untuk memberikan layanan IT yaitu menentukan pilihan, perencanaan, pengantaran, serta dukungan layanan IT dan pemeliharaan. Banyak perusahaan menerapkan kerangka kerja ini dalam menjalankan perusahaannya guna mencapai tujuannya dengan memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen dan meningkatkan efisiensi.

Kerangka Kerja pada ITIL mencakup 5 hal, yaitu:

  1. Service Strategy
  2. Service Design
  3. Service Transition
  4. Service Operation
  5. Continual Service Improvement

Service Strategy

Tahap ini merupakan inti dari layanan ITIL. Guna mencapai layanan yang baik, perusahaan harus memiliki layanan strategi yang konsisten. Menjelaskan

Service Design

Tahap ini merupakan tahap yang produktif karena memberikan panduan kepada perusahaan untuk dapat secara sistematis dalam mendesain layanannya maupun implementasi pada perusahaan. Menjelaskan bagaimana proses produksi seperti ketentuan layanan yang akan diberikan kepada konsumen, serta melakukan dokumentasi IT pada perusahaan

Service Transition

Tahap ini memberikan panduan kepada perusahaan agar dapat mengembangkan kemampuan untuk mengubah hasil desain layanan perusahaan yang diubah ke dalam lingkup lingkungan operasional

Service Operation

Tahap ini mencakup semua kegiatan operasional pada perusahaan pengelola layanan-layanan TI. Terdapat banyak panduan untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas dan menjamin tingkat kinerja terhadap konsumen.

Continual Service Improvement

Tahap ini mengkombinasikan dari banyak prinsip dan metode dari manajemen kualitas. Melakukan pembaruan seperti perbaikan bug atau error guna meningkatkan kenyamanan dan keamanan konsumen.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.